PT Fin Komodo Teknologi

FIN KOMODO, MOBIL OFFROAD MADE IN CIMAHI - Buatan Perancang Pesawat, Bisa di Kemiringan 45 Derajat

0 komentar

Saturday, 04 February 2012  (Harian Seputar Indonesia)

Menteri BUMN Dahlan Iskan menjajal Fin Komodo di sela-sela peresmian pembangunan Pusat Niaga Cimahi (PNC) di Jalan H Amir Machmud, Kota Cimahi, kemarin. Berbagai produk buatan Kota Cimahi ikut dipamerkan dalam acara tersebut.

Kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya di bidang otomotif anak bangsa, ternyata tidak kalah hebat dengan negara maju. Tidak hanya mobil Esemka karya siswa SMK di Solo dan buggy car karya siswa SMKN 8 Bandung,anak bangsa juga mampu membuat mobil khusus untuk jalan terjal dan berliku. Mobil itu bernama Formula Indonesia (Fin) Komodo.

Tidak hanya melenggang kokoh di medan terjal,kendaraan ini juga tetap memberikan kenyamanan bagi penumpangnya. Salah satu yang luar biasa, ternyata mobil itu dirancang dengan mengaplikasikan ilmu rancang pesawat.Setelah melakukan riset sejak 2005, produsen Fin Komodo yang berlokasi di Jalan Kolonel Masturi 106 A,Kelurahan Cipageran,Kecamatan Cimahi Utara,Kota Cimahi itu mulai mencoba memasarkan mobil mini dengan dua tempat duduk tersebut.

Seluruh komponen Fin Komodo, kecuali mesin diklaim asli buatan Indonesia. Keunggulan lain mobil jenis offroad ini adalah dirancang berdasarkan formula matematis insinyur Indonesia. Tidak hanya merakit, rancang bangun mobil itu semuanya asli buatan Indonesia.“Hanya mesin yang kami pesan dari China,mesin itu pun merupakan rancangan insinyur Indonesia,hanya dibuatnya di Cina,”ungkap perancang sekaligus founder Fin Komodo,Ibnu Susilo di lokasi pembangunan Pusat Niaga Cimahi (PNC) Jalan Cibeureum,Kota Cimahi, kemarin.

Ibnu yang sebelumnya bekerja sebagai desainer pesawat terbang di PT Dirgantara Indonesia (DI) mengaku mengaplikasikan ilmu rancang pesawat dalam pembuatan Fin Komodo. Performa,stabilitas,dan kenyamanan menjadi prioritas yang ingin diwujudkan dalam mobil dengan kapasitas mesin 250 cc itu. Tampilannya memang seperti mobil offroad biasa, namun Ibnu meyakinkan bagaimanapun kondisi jalan yang dilalui, pengendaranya akan merasa nyaman seperti saat mengendarai mobil sedan.

Bahkan,tambah Ibnu,Fin Komodo dirancang memiliki kemampuan berjalan stabil meski di atas jalan dengan kemiringan hingga 45 derajat. Dia mengatakan,40 unit Fin Komodo telah dilepas hampir ke seluruh Indonesia. Pihaknya mampu memproduksi delapan unit per bulan. Dia berharap Fin Komodo menjadi solusi bagi masyarakat di daerah terpencil yang tidak memiliki akses jalan yang baik, wilayah perkebunan, pertambangan, perbukitan, dan wilayah dengan kondisi medan yang berat.

Ibnu terobsesi untuk membudayakan industri otomotif.Tidak hanya membuat mobil, namun ke depan diharapkan, Indonesia memiliki industri otomotif sendiri. Dia pun mengaku memberdayakan sekitar 40 usaha mikro kecil menengah (UMKM) dalam penyediaan komponen Fin Komodo. “Semua itu upaya untuk membudayakan masyarakat terhadap dunia otomotif, geliat siswa SMK belakangan ini pun menjadi pertanda perkembangan industri otomotif di Indonesia,” pungkasnya.

Kemarin,menjadi hari yang paling membuat Ibnu bangga.Karyanya yang dipamerkan dalam acara peresmian pembangunan Pusat Niaga Cimahi (PNC), dijajal langsung Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan, Wakil Gubernur Jawa Barat DedeYusuf,dan Wali Kota Cimahi Itoc Tochija.

Bahkan,Dede mencoba mengendarainya ditemani Itoc.“Mobil ini memang sangat cocok untuk daerah pegunungan,”ujar Dede yang dikenal pehobi offroad itu. (AGUNG BAKTI SARASA Kota Cimahi )
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : PT Fin Komodo Teknologi | Creating Website | Dewa Yuniardi | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2008. Fin Komodo Offroad - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger