PT Fin Komodo Teknologi

Test Drive FIN Komodo : 100% Karya Anak Bangsa, 100% Mengagumkan

1komentar


Carmudi.co.id - Cimahi – Saat pertama kali melihat bentuknya semua orang pasti menyimpan pertanyaan, apa kemampuan kendaraan ini? Apalagi setelah tahu spesifikasi hanya menggunakan mesin berkapasitas 250cc, sudah pasti tidak ada yang bakal percaya kalau kendaraan roda empat ini dipakai menerabas jalur offroad. Itu kesan pertama yang Carmudi Indonesia rasakan saat melihat FIN Komodo langsung di rumahnya, Cimahi, Jawa Barat.

Melihat muka-muka ragu, Ir H Ibnu Susilo, orang yang paling penting dalam proses kelahiran FIN Komodo langsung mengajak semua tamunya untuk menguji ketangguhan Komodo di jalur offroad buatan yang letaknya di Alam Wisata Cimahi.

“Tidak perlu ragu, mobil ini aman. Untuk putaran pertama bapak-bapak dan ibu-ibu akan disupirin dulu sama team kami, nanti setelah itu silahkan coba sendiri,” arahan Ibnu dalam briefing sebelum mengajak Carmudi Indonesia dan rombongan media lainnya menguji keunggulan FIN Komodo, Jumat (27/1).


Sederhana Namun Performanya Mengagumkan

Tanpa basa-basi Carmudi Indonesia segera menaiki unit FIN Komodo berwarna biru. Sesuai arahan, putaran pertama masih berstatus penumpang. Oh iya, safety belt menjadi fitur wajib untuk dipasang, jangan sampai tidak.

Jalur yang dilewati merupakan medan dengan kontur jalan tidak rata dan dipenuhi dengan rumput dan semak belukar. Tanjakan dan turunan curam serta belokan-belokan patah menjadi makan siang kami bersama FIN KD 250 AT.

“Mengagumkan!!!” satu kata itu yang menggambarkan performa mobil buatan PT FIN Komodo Teknologi ini. Bagaimana tidak? dengan mesin 250cc, penggerak roda belakang 2×4 serta visual interior sangat sederhana, KD 250 AT dengan enteng melibas semuanya.

FIN Komodo beraksi, berlari mulus di antara jalur berbatu dan tidak rata
Lebih heran lagi, karena tidak terasa adanya bantingan apa-apa, buat Carmudi Indonesia, teknologi suspensi yang ada di Komodo memang yang terbaik.

“Untuk suspensi memang kita lama melakukan risetnya. Empat mobil prototype kita pakai untuk menemukan setingan suspensi terbaik. Makanya kita tidak heran kalau disebut suspensi terbaik,” jelas Ibnu.

Selain suspensi, stabilitas KD 250 AT juga menjadi fokus Carmudi Indonesia. Klaim bahwa mobil ini tidak mudah terguling memang bukan isapan jempol doang. Setelah didapuk menjadi penumpang, Carmudi Indonesia pun langsung ambil alih kemudi.

Tanpa basa-basi pedal gas Komodo besi ini dibejek menuruni lembah kemudian bermain offroad. Di beberapa bagian terdapat tanjakan ekstrim, cukup mendaki dengan posisi tikungan patah. Tidak satupun mobil-mobil Cimahi ini ada yang terguling, hebat!!!

“Pengalaman saya bekerja di PT Dirgantara Indonesia yang membawa FIN Komodo bisa seperti ini. Mobil ini kami buat dengan penuh perhitungan matematika dan juga ilmu grafitasi, jadi mulai dari konsep light structure, suspension, dan stabilisasi, semua kami perhitungkan,” tegasnya.

Carmudi Indonesia tetap mencoba ngebejek Komodo sampai di titik paling maksimalnya, tapi binatang ini tetap tangguh sampai akhirnya hujan memaksa kami berdua untuk berhenti. Harus diakui, FIN Komodo adalah pemenang dari tantangan ini.

Kurang Sentuhan Modern dan Kapasitas Mesin Kecil

Namun dibalik sukses KD 250 AT membius kami dengan kemampuannya, Carmudi Indonesia juga melihat beberapa sisi kekurangan yang seharusnya menjadi perhatian PT FIN Komodo Teknologi. Ini terlalu sederhana dan sudah sangat jauh ketinggalan.

Sudah waktunya Ir Ibnu Susilo dan kawan-kawan berfikir menghadirkan FIN Komodo dengan interior sedikit modern, atau dengan kapasitas mesin yang lebih besar lagi, sehingga mampu menarik minat orang untuk memiliki Komodo.

Rasanya kalau Komodo mendapat sentuhan modern, sedikit diimbuh fitur-fitur canggih serta kapasitas mesin yang lebih oke, rasanya Komodo tidak akan sekadar menjadi mobil karya anak bangsa yang hanya menjadi penonton di negaranya sendiri.

Wilayah pedesaan dan pedalaman jelas membutuhkan kendaraan kecil, lincah dan kuat seperti FIN Komodo. Tinggal bagaimana cara mengenalkannya kepada seluruh masyarakat Indonesia dan peran pemerintah dalam mendukung industri otomotif yang 100% Indonesia. (Zie)
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

14 Maret 2019 00.48

Ayo Join Bersama Kami Sekarang Juga Dengan Bonus Dan Kemenangan Jutaan Rupiah Sekarang BONUS UNTUKMU KLIK DISINI SEKARANG

WA : 0852-2255-5128

Posting Komentar

 
Support : PT Fin Komodo Teknologi | Creating Website | Dewa Yuniardi | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2008. Fin Komodo Offroad - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger