Selamat datang di Blog Fin Komodo Mobil Desa

Komodo, Mobil 100% Ciptaan Anak Bangsa

2komentar

Written by Melati 

Jakarta(NewsFlash) - Loh..kok ada komodo di Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2010? Bila yang anda maksud terdapat pameran komodo atau ada komodo lepas disana, anda salah besar. Komodo ini adalah off-road utility vehicle dengan roda 4 dan merupakan buatan Indonesia. Mobil buggy ini menggunakan mesin 250 cc 4-tak yang menghasilkan tenaga 16,7 dk dan torsi maksimum 17,6 Nm pada 5.500 rpm berpasangan dengan transmisi otomatis 3-speed CVT.

Menurut President Director PT FIN Komodo Teknologi Indonesia Ibnu Susilo, mobil ini sulit untuk terguling berkat perancangan konstruksi bodi yang memang khusus untuk medan berat. Begitu pula penggunaan suspensi double wishbone independent untuk kaki depan dan belakang yang lebih fleksibel. Menggunakan penggerak dua roda belakang, Komodo ini memiliki bobot 320 kg dengan kapasitas angkut 2 penumpang. Sistem rem menggunakan cakram untuk roda depan dan belakang.

Dikenal sebagai sebagai satwa khas asal Indonesia menjadi alasan anak bangsa merancang sebuah mobil off-road utility vehicle. Mobil buggy yang menggunakan mesin 250 cc 4-tak yang menghasilkan tenaga 16,7 dk dan torsi maksimum 17,6 Nm pada 5.500 rpm ini berpasangan dengan transmisi otomatis 3-speed CVT.

“Fin itu maksudnya formula Indonesia dan komodo merupakan binatang khas dengan Indonesia. Jadi orang luar tahu kalau mobil ini berasal dari tanah air,” katanya.

Komodo dengan ukuran mungil tersebut biasa dipakai untuk offroad atau berjelajah di medan-medan yang berat seperti hutan, sungai dan pegunungan yang tidak bisa ditaklukkan oleh mobil mobil biasa kebanyakan. “Kita menciptakan mobil offroud karena tidak semua struktur jalan di Indonesia seperti Jakarta, jadi kita ingin menjadi milik masyarakat bukan hanya Jakarta,” pungkasnya.

Sepanjang pengamatan wartawan NewsFlash Jakarta, mobil dengan materi 100% dari Indonesia ini mampu memikat para pecinta offroad dari berbagai kalangan. Pasalnya, Bodi yang digunakan terbuat dari composed viber rangka anti karat yang anti karat dan minim mudah diperbaiki dengan lem apabila patah. Meski agak terlihat sederhana, kualitas mobil ini sudah teruji dan membanggakan, keamanan dan kenyamanan dalam berkendara mobil komodo dalam lintas offroad sudah mendapatkan jaminan.

Adapun spesifikasi dari mobil cruise komodo tersebut adalah jenis mesin four stroke 250 CC, sistem pendingin air, bahan bakar bensin dengan kapasitas tangki 20liter, starter elektrik, transmisi CVT otomatis, dan dengan kecepatan 60Km/jam.

“Hingga saat ini belum ada cabang bengkel resmi, kita hanya punya 1 di Cimahi yaitu tempat produksi mobil ini,” katanya.

Keunggulan mobil ini karena dikembangkan secara perhitungan aeromodeling pesawat. Sehingga sangat kuat dan tahan terhadap kemiringan. Sehingga Mobil ini sangat baik untuk ajang offroad. “Komodo ini sangat baik untuk ajang off-road karena mampu mencapai top speed 60 km/jam dan diperuntukkan segala medan. Komodo dapat dengan mudah melahap hutan belanara di Indonesia.”

Menurutnya Mobil Komodo ini telah siap dipesan oleh 15 Negara. Mobil ini telah laku sejumlah 60 buah selama pameran berlangsung yang dijual dengan harga Rp. 60.000.000/ buah. Mulai 1 Agustus ini, komodo akan diproduksi lagi. “Kita coba produksi sebanyak 100 unit lagi, itu sebenarnya sudah kapasitas maksimal kita pertahun,” ujarnya.

Hasballah

Share this article :

+ komentar + 2 komentar

11 Juni 2012 11.03

MESIN KOMODO APA ASLI BUATAN INDO? SETAHU SAYA SELAMA INI OTOMOTIF INDO BLOM BISA BUAT MESIN MOTOR.MOBIL SENDIRI...TLONG INFO NYA YA AGAN-AGAN ..SEMOGA JAYA ...

7 November 2012 01.55

perancangan oleh Team Engineering FIN dan mesin nyamerk "FIN POWER", desain dan rancangan mesin dari PT Fin Komodo Teknologi, tidak diproduksi di Indonesia karena di Indonesia belum ada pabrikan mesin kendaraan

Poskan Komentar

 
Support : PT Fin Komodo Teknologi | Creating Website | Dewa Yuniardi | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2008-2014. Fin Komodo - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger